Rabu, 13 Juni 2012

Tips Badminton: Latihan Net Kill (Forehand / Backhand Net Kill)



Jika sudah berlatih Net Spin, Net shot dan Net Lift. Kini saatnya anda untuk berlatih pukulan untuk mematikan kesempatan lawan yaitu Net Kill.

Net Kill adalah pukulan yang bertujuan untuk mematikan kesempatan lawan dengan meng-chas cock yang diberikan tanggung oleh lawan. Net Kill memiliki potensi besar untuk mendatangkan poin bagi anda tapi bisa juga malah menjadi petaka bilamana anda ceroboh dengan terburu - buru dalam melakukannya.

Berikut cara melatih pukulan Net Kill :

PERSIAPAN
1. Pegangan raket dasar Forehand (untuk Forehand Net Lift) dan Backhand (untuk Backhand Net Lift).
2. Mintalah bantuan dari teman untuk mengumpankan cock ke arah dekat net (didepan atau disudut samping net).
3. Pastikan kondisi tubuh anda rileks dan kaki anda tidak sedang mengalami cidera karena bisa mengganggu performa pukulan pada nantinya.

Forehand Net Kill



Backhand Net Kill


LATIHAN
1. Berdirilan dengan posisi siap di tengah lapangan dan posisi raket berada didepan badan.
2. Mintalah teman anda untuk mengumpankan cock ke arah dekat net atau bisa juga anda sendiri yang mengumpan cocknya.
3. Saat cock sudah diumpankan, maka lakukan hitting position untuk menjemput datangnya cock. Lakukan pergerakan ini dengan cepat agar mendapatkan timing pukulan yang tepat.
4. Lebarkanlah tangan anda untuk menjangkau cock. Pukul cock dengan mengarahkannya menukik kebawah dan sebaiknya jauh dari jangkauan lawan.
5. Setelah memukul kembali bersiap untuk menerima datangnya cock dari pihak lawan.

PERHATIKAN
1. Tujuan utama dari Net Kill adalah untuk memastikan cock benar-benar bisa mematikan lawan jadi pastikanlah akan hal itu benar - benar terlaksana.
2. Saat memukul sebaiknya tidak mengarahkan pukulan anda ke badan lawan karena bisa saja lawan lebih sigap untuk mengembalikannya. Jika sudah begitu anda akan kerepotan sendiri.
3. Saat memukul cock pun sebaiknya jangan mengarahkan ke wajah lawan karena akan mengakibatkan anda terkena teguran dari wasit.
4. Lebih baik jika anda mengarahkan pukulan cock secara diagonal karena biasanya lawan tidak akan menyangka arah datangnya cock.


*youtube.com (CE1M7)






Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar

Para Otodidaker's bisa berkomentar seperti saran, kritik, atau kamu ingin menambahkan juga bisa, dan segala tindakan SPAM akan dihapus seperti:

--> Kata kotor
--> Menyinggung
--> Mengumpat atau mengandung SARA