Jumat, 27 April 2012

Latihan Smash - Tingkat Dasar



Pukulan Smash atau pukulan Overhead (posisi shuttlecock diatas kepala) yang dipukul dengan tenaga penuh dan mengarahkan cock menukik kebawah (ground). Pukulan (stroke) ini selalu menjadi pukulan andalan untuk mematikan lawan, namun bagi pemain yang masih baru atau belajar otodidak sebaiknya memahami dulu teknik pukulan ini.

Saat saya duduk - duduk dipinggir lapangan bulutangkis menontonnya, tiba - tiba mood saya menghilang melihat bapak - bapak meng-smash dengan gaya amburadul, seluruh badannya ikut terangkat mulai dari pinggang, bahu dan lengan seakan mau terbang entah kemana (terlalu bernafsu) dan tentu saja smashnya malah mengambang dan datar.

Dilapangan sebelah justru saya melihat ada sosok yang tenang dan entah mengapa saya meresponnya dengan mencoba melihat lebih dekat lagi. Saat memukul smash badannya rileks, ayunan tangannya lancar tapi jangan tanya soal keras smashnya. Cock melaju bagaikan kilat menyambar.

Oelh karena itu saya coba menyimpulkan dengan teknik latihan smash berikut ini :

PERSIAPAN
1. Lakukan pemanasan dengan memukul cock dengan biasa dan santai agar badan tidak kaget saat latihan.
2. Minta bantuan teman untuk mengumpankan bola atas, atau bisa juga sendiri dengan memukul cock ke atas lebih dahulu sebelum di smash.

LATIHAN

1. Umpan cock yang mengarah ke jauh atas.
2. Saat cock masih diuadara, lakukan Hitting Position agar posisi jatuhnya cock pas dengan posisi badan.
3. Posisi badan miring ke kanan (jika pegang raket kanan) dan posisi pegangan raket sudah di atas bahu. Tangan kiri diangkat sebagai radar atau mengukur arah jatuhnya cock nanti.
4. Saat memukul tangan kiri di sedikit diluruskan hingga dada anda terbuka. Ayunkan raket anda dengan gerakan bahu terlebih dahulu kemudian diikuti siku lalu tangan dan terakhir raket.
5. Memukullah dengan tenaga full dan saat posisi cock setinggi mungkin.
6. Setelah memukul, jangan tahan ayunan tangan anda. Biarkan tangan mengayun sempurna sampai kebawah pinggang.

7. Lakukanlah berulang - ulang sampai anda benar - benar menguasainya.

PERHATIKAN
1. Pegangan raket dengan Forehand.
2. Badan rileks jangan kaku, kaki menapak tanah dengan baik dan pastikan perhitungan jatuhnya cock dan pukulan anda benar - benar pas.
3. Teknik ayunan smash ini hampir sama seperi seseorang yang sedang melempar batu.
4. Pastikan jatuhnya cock menukik kebawah dengan memanfaatkan ayunan pergelangan tangan anda.
5. Sebaiknya lakukan teknik ini tanpa melompat (jumping) dulu. Biarkan anda menemukan feeling meng-smash yang tepat dulu.

Model Pencarian Lainnya :
Smash
Teknik Smash Yang Baik
Pukulan Smash Yang Keras
Teknik Tepat Smash
Dasar - Dasar Teknik Smash
Rahasia Pukulan Smash
Cara Gampang Smash

Foto: freepspwallpaper.org
Video : youtube.com (expertvillage)



Artikel Terkait:

1 komentar:

  1. nih gan ada artikel bagus latihan fisik bulutangkis http://mihape.blogspot.com/2016/02/latihan-fisik-bulu-tangkis.html

    BalasHapus

Para Otodidaker's bisa berkomentar seperti saran, kritik, atau kamu ingin menambahkan juga bisa, dan segala tindakan SPAM akan dihapus seperti:

--> Kata kotor
--> Menyinggung
--> Mengumpat atau mengandung SARA