Jumat, 16 Maret 2012

Teknik Pegangan Raket Bulutangkis

Jika anda seorang pemula yang masih baru memegang raket. Saya sarankan hindari dulu pikiran untuk melakukan pukulan smash yang keras atau melatih keindahan pukulan anda.
Karena itu semua sia - sia saja selama anda masih belum baik dalam memegang raket. Raket digenggam dengan kuat, meremasnya, jari - jari terlalu rapat, kaku, pukulan hanya mengandalkan lemparan tangan yang kuat, itu semua bisa dipastikan pukulan anda tidak berjalan dengan semestinya.

Raket ibarat perpanjangan tangan bagi seorang pemain bulutangkis untuk memukul shuttlecock dan memegangnya pun ada tekniknya. Jadi tidak ada salahnya kalau anda mau membaca artikel ini untuk lebih mengetahui teknik dasar memegang raket yang akan mengantarkan anda untuk mengembangkan kualitas permainan.

Jenis Pegangan Raket:
Pada dasarnya ada 2 teknik dalam memegang raket yaitu Forehand dan Backhand.


1.Pegangan forehand dilakukan pada kondisi ingin melakukan pukulan forehand (saat memukul kondisi telapak tangan menghadap depan).

Pada teknik pegangan ini layaknya orang yang sedang "jabat tangan". Dimana raket agak menyamping sekitar "45 derajat" dan anda akan melihat sudut antara ibu jari dan jari telunjuk akan membentuk huruf "V". Dengan jari telunjuk agak terpisah, sedangkan jari tengah, jari manis dan jari kelingking dalam posisi menggenggam raket. Ibu jari berada di sisi sebaliknya.
Kekuatan ayunan pegangan ini sebagian besar ada pada jari telunjuk yang akan membuat membuat perbedaan besar dibandingkan dengan sekedar meremas raket.



2.pegangan backhand dilakukan pada kondisi ingin melakukan pukulan backhand (saat memukul kondisi punggung tangan menghadap depan).

Pegangan ini adalah kebalikan dari pegangan Forehand. Jika kekuatan forehand sebagian besar dipengaruhi oleh jari telunjuk, maka pada pegangan backhand kekuatannya dipengaruhi oleh ibu jari. Ibu jari dibiarkan lurus dengan bagian dalam ibu jari menempel pada bagian grip yang lebar sedangkan jari - jari lainnya berada di sisi sebaliknya.



Teknik dasar pegangan ini akan dilakukan secara bergantian sesuai dengan kondisi yang ada dan kemudian secara alami akan mengembangkan variasi pukulan anda.

Hal - hal yang perlu diperhatikan:
1. Pegang raket harus luwes atau tidak kaku.
2. Jangan meremas raket karena hanya akan membuang tenaga dengan percuma.
2. Usahakan pada saat memukul pergelangan tangan juga ikut bermain baik menukik keatas maupun menukik kebawah.
3. Anda harus membiasakan diri untuk pergantian pegangan raket dari forehand ke backhand dan sebaliknya sehingga anda tidak kaku.

Tag :
- Cara Memegang Raket yang Benar
- Teknik Pegang Raket
- Teknik Pegangan Raket
- Teknik Pegangan Forehand dan Backhand
- Teknik Dasar Forehand
- Teknik Dasar Backhand

Referensi : youtube.com - CE1M7V3

Artikel Terkait:

1 komentar:

  1. kenapa smashku gak bisa cepat-cepat slalu lemah bikin slalu di ejek anak TK,tolong bantuannya???

    BalasHapus

Para Otodidaker's bisa berkomentar seperti saran, kritik, atau kamu ingin menambahkan juga bisa, dan segala tindakan SPAM akan dihapus seperti:

--> Kata kotor
--> Menyinggung
--> Mengumpat atau mengandung SARA