Minggu, 22 April 2012

Latihan Hitting Position - Tingkat Dasar

Sebelum memukul shuttlecock, ada waktu sekian detik bagi kita untuk mencari posisi yang terbaik untuk untuk memukul. Itulah yang dimaksud dengan Hitting Position.

Hal ini penting dipelajari karena kualitas pukulan anda sangat bergantung pada teknik ini. Hitting Position adalah kelanjutan dari teknik Footwork. Jika teknik Footwork telah  anda kuasai, maka tidak susah untuk mempelajari juga teknik Hitting Position.

PERHATIKAN
1. Overhead Forehand (Shuttlecock berada diatas kepala)
   Posisi Badan harus menyamping ke arah kanan, dengan kaki kiri didepan dan kaki kanan dibelakang. Shuttlecock usahakan berada dibagian depan atas badan. Saat memukul terjadi perpindahan tumpuan badan dari kaki kanan ke kaki kiri.
2. Overhead Backhand (Shuttlecock berada diatas kepala)
Adalah kebalikan dari Overhead Forehand. Sebelum memukul usahakan badan membelakangi net dengan kaki kiri menjadi tumpuan pertama dan pada saat memukul tumpuan badan pindah ke kaki kanan.
3. Underhand Forehand / Backhand (Shuttlecock berada dibawah kepala)
-Saat bola berada didepan bawah badan, usahakan kaki kanan berada didepan serta tangan kanan berada didepan. Lutut ditekut sehingga posisi badan mengikuti kerendahan posisi shuttlecock.
-Saat bola berada dibelakang bawah badan, usakahan kaki kanan berada dibelakang kaki kiri dengan tangan kanan mengikuti arah shuttlecock.


Taufik Hidayat saat melalukan hitting position
Taufik Hidayat saat melakukan hitting position sebelum memukul cock 

(Klik untuk perbesar gambar)


LATIHAN
1. Berdiri ditengah lapangan kemudian sesuai dengan Teknik Footwork melangkahlah 2 langkah ke depan dimulai dengan kaki kiri untuk melatih Underhand Forehand/Underhand. Lalu kembali lagi ke tengah;
2. Melangkah 2 langkah ke belakang untuk melatih Overhead Forehand atau Underhand Forehand. Lalu kembali lagi ke tengah;
3. Melangkah 2 langkah ke belakang untuk melatih Overhead Backhand atau Underhand Overhead Backhand. Lalu kembali lagi ke tengah;
4. dan seterusnya.


Artikel Terkait:

0 komentar:

Poskan Komentar

Para Otodidaker's bisa berkomentar seperti saran, kritik, atau kamu ingin menambahkan juga bisa, dan segala tindakan SPAM akan dihapus seperti:

--> Kata kotor
--> Menyinggung
--> Mengumpat atau mengandung SARA