Kamis, 19 April 2012

Latihan Footwork - Tingkat Dasar

Mau jago bermain bulutangkis? belajar dulu footwork. Mau keras smashnya? belajar dulu footwork. Mau bermain bola tipis didepan net? belajar dulu footwork. Pertanyaan memang apa bagusnya belajar footwork?

Jawabannya adalah bagus!

Footwork adalah teknik pengaturan langkah kaki agar menjadi lebih efektif saat bermain bulutangkis dilapangan. Saat kita sedang asik menonton idola bulutangkis kita bermain, bisa saya pastikan yang anda lihat adalah bagaimana mereka memukul bola sekeras dan sekeren mungkin. Jarang anda memperhatikan bagaimana langkah kaki mereka saat menjangkau shuttlecock dan memukulnya.

Anda tidak akan melihat para pemain idola anda tersebut mondar - mandir dengan berlari - lari kecil atau bahkan menjinjit hanya demi mengejar shuttlecock. Tidak! yang ada adalah mereka hanya melangkah.

Berikut bagaimana cara anda agar bisa melatih footwork hingga menjadi lebih efektif.


PERSIAPAN
1. Sediakan bola shuttlecock sebanyak 5 atau secukupnya.
2. Taruh shuttlecock tersebut di pojok lapangan atau bagian panah kanan atas sesuai gambar.
3. Latihan ini adalah memindahkan shuttlecock dari sudut lapangan ke sudut lapangan lainnya, tapi lakukan dengan irama langkah.

LATIHAN

1. Berdirilah di tengah lapangan tepat seperti gambar diatas.
2. Melangkahlah ke arah kanan atas sebanyak 2 langkah dengan kaki kiri melangkah lebih dulu (jika memegang raket dikanan). Usahakan dengan 2 langkah tersebut anda sudah berada di pojok lapangan seperti tanda panah pada gambar.
3. Saat sampai dipojok, ambil 1 bola shuttlecock dengan tangan kanan dan posisi kaki kanan berada didepan.
4. Melangkahlah ke tengah lapangan sebanyak 2 langkah mundur dengan kaki kiri lebih dulu sambil membawa 1 bola shuttlecock.
5. Saat sampai ditengah lapangan, lalu melangkahlah ke bagian kanan tengah sebanyak 2 langkah dengan kaki kiri lebih dulu. Pastikan anda masih membawa shuttlecocknya.
6. Saat sampai dibagian kanan tengah, taruhlah shuttlecocknya dengan tangan kanan. Pastikan saat menaruhnya, posisi kaki kanan berada didepan.
7. Kembali ke tengah lapangan dengan 2 langkah mundur dengan kaki kiri melangkah lebih dulu.
8. Lakukan latihan no.2 sampai no.7 berulang - ulang hingga shuttlecock di pojok kanan atas berpindah semua ke kanan tengah lapangan.
9. Saat anda sudah menyelesaikan latihan no.8, maka saatnya untuk memindahkan shuttlecocknya ke pojok lainnya hingga semua pojok lapangan (sesuai dengan garis panah) sudah anda lalui.

PERHATIKAN
1. Pastikan saat melangkah kaki kiri lebih dahulu, baik itu melangkah maju atau melangkah mundur. (bagi yang kidal lakukan dengan kaki kanan lebih dulu)
2. Saat anda mengambil atau menaruh shuttlecock, pastikan lutut anda ditekuk dan badan agak sedikit membungkuk.
3. Saat melangkah, lakukan dengan langkah yang lebar. Kalau perlu sambil melompat.
4.Pastikan anda mendapatkan irama saat melangkah.
5.Saat anda merasa lelah, istrahatlah dulu. Jangan terlalu memaksakan tubuh karena latihan ini perlu adaptasi hingga nanti akan terbiasa.

Coba anda perhatikan video para pemain dunia dibawah ini. Lihat bagaimana mereka melangkah (footwork).

Lin dan Footwork :

Lee Chong Wei Footwork :

Taufik Hidayat Footwork :

Peter Gade Footwork : 


Model Pencarian Lainnya : 

Referensi :
deltapapa.wordpress.com
youtube.com



Artikel Terkait:

1 komentar:

  1. Alhamdulillah semoga atas bantuan ki witjaksono terbalaskan melebihi rasa syukur kami saat ini karna bantuan aki sangat berarti bagi keluarga kami di saat kesusahan dengan menanggun 9 anak,kami berprofesi penjual ikan di pasar hutang saya menunpuk di mana-mana sempat terpikir untuk jadikan anak bekerja tki karna keadaan begitu mendesak tapi salah satu anak saya melihat adanya program pesugihan dana gaib tanpa tumbal kami lansung kuatkan niat,Awalnya suami saya meragukan program ini dan melarang untuk mencobanya tapi dari yg saya lihat program ini bergransi hukum,Saya pun tetap menjelaskan suami sampai dia ikut yakin dan alhamdulillah dalam proses 1 hari 1 malam kami bisa menbuktikan bantuan aki melalui dana gaib tanpa tumbal,Bagi saudara-saudaraku yg butuh pertolongan silahkan
    hubungi Ki Witjaksono di:0852-2223-1459
    supaya lebih jelas
    silahkan klik-> PESUGIHAN TANPA TUMBAL

    BalasHapus

Para Otodidaker's bisa berkomentar seperti saran, kritik, atau kamu ingin menambahkan juga bisa, dan segala tindakan SPAM akan dihapus seperti:

--> Kata kotor
--> Menyinggung
--> Mengumpat atau mengandung SARA