Senin, 11 Juni 2012

Latihan Net Shot (Forehand / Backhand Net Shot)


Latihan berikutnya adalah seri lanjutan dari latihan Forehand/Backhand (Net Spin) Net Play. Jika sebelumnya saya mengatakan bahwa Taufik Hidayat adalah ahlinya dalam teknik pukulan Net Spin maka teknik pukulan Net Shot, Lin Dan lah sang dewanya.

Tentu predikat dewa net shot tidak sembarangan di sematkan ke Lin Dan. Jika anda sering melihat pertandingannya, Lin Dan sering mempertontonkan keahliannya dalam bermain di depan net terutama dalam pukulan net shot. Bahkan Taufik Hidayat sendiri kadang kala kerepotan dibuatnya.

Tapi bukan hanya manusia yang memiliki kekurangan, dewa bulutangkis seperti Lin Dan pun punya kekurangan. Apa itu? yah..karena saking mengandalkan Net Shot nya, Lin Dan sangat jarang mengeluarkan pukulan Net Spin. Ketika mengembalikan pukulan Net Spin tipis dari Taufik Hidayat, Lin Dan kerap kali gagal mengembalikan cock tipis didepan net. Hal itu disebabkan karena putaran cock yang diakibat pukulan Net Spin tidak teratur sehingga sangat sulit untuk dikembalikan dengan pukulan Net Shot terkecuali dengan mengembalikannya dengan pukulan Net Lift.

Berikut cara melatih pukulan Net Shot :

PERSIAPAN
1. Pegangan raket dasar Forehand (untuk Forehand Net Shot) dan Backhand (untuk Backhand Net Shot).
2. Mintalah bantuan dari teman untuk mengumpankan cock ke arah dekat net (didepan atau disudut samping net).

Forehand Net Shot

Backhand Net Shot


LATIHAN
1. Berdirilan dengan posisi siap di tengah lapangan dan posisi raket berada didepan badan.
2. Mintalah teman anda untuk mengumpankan cock ke arah dekat net atau bisa juga anda sendiri yang mengumpan cocknya.
3. Saat cock sudah diumpankan, maka lakukan hitting position untuk menjemput datangnya cock.
4. Lebarkanlah tangan anda untuk menjangkau cock. Pukul cock dengan sedikit tenaga dorongan hingga memastikan cock bisa menyeberang tipis di atas net lawan.
5. Setelah memukul kembali bersiap untuk menerima datangnya cock dari pihak lawan.

PERHATIKAN
1. Pukulan Net Shot bisa memaksa lawan untuk harus menjemput cock didepan net. Dengan kata lain pertahanan mereka terbuka sehingga mudah untuk diserang.
2. Jika Net Shot anda benar - benar tipis diatas net, maka mau tidak mau akan mengangkat cock ke atas hingga peluang untuk anda smash terbuka lebar.
3. Pastikan saat memukul, posisi senar raket berada diatas. Jika posisinya miring maka akan mengakibatkan cock terbang terlalu jauh melintasi bibir net dan mudah untuk dipukul oleh lawan.
4. Saat memukul, biarkan tangan anda bergerak luwes sehingga pukulan anda tidak mengambang. Oleh karena itu sering - seringlah melatih pukulan ini.


*youtube.com (CE1M7)



Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar

Para Otodidaker's bisa berkomentar seperti saran, kritik, atau kamu ingin menambahkan juga bisa, dan segala tindakan SPAM akan dihapus seperti:

--> Kata kotor
--> Menyinggung
--> Mengumpat atau mengandung SARA