Jumat, 18 Mei 2012

Sejarah Thomas & Uber Cup

Thomas Cups & Uber Cups adalah kejuaraan dunia bulutangkis beregu putra dan putri yang diselenggarakan setiap dua tahun sekali. Semula kejuaraan Thomas Cups & Uber Cups digelar terpisah. Namun sejak tahun 1984, kejuaraan bulutangkis ini disatukan.Kejuaraan Thomas Cups pertama kali digelar pada tahun 1948 di Inggris, sedangkan Kejuaraan Uber Cups pertama kali digelar pada tahun 1956 di Inggris.

Nama kejuaraan Thomas Cups ini berasal dari nama “Sir George Alan Thomas”, mantan Presiden IBF dan pemain bulutangkis dari Inggris yang pernah menjadi juara tunggal putra di ajang kompetisi All-England selama empat kali berturut-turut pada tahun 1903-1927.Dan nama kejuaraan Uber Cups ini berasal dari nama pemain putri legendaris Inggris di era 1930-an, “Betty Uber”, yang selama hampir 25 tahun mengarungi jagat bulutangkis internasional.

Dalam sejarahnya, baru ada tiga negara yang pernah merebut piala bergengsi "Thomas Cups" yakni Indonesia, China dan Malaysia.Dan ada empat negara yang pernah merebut piala bergengsi "Uber Cups", yaitu : USA, Jepang, Indonesia dan China. Tim Thomas Cups Indonesia terakhir kali menjadi juara pada tahun 2001, sedangkan tim Uber Cups Indonesia terakhir kali menjadi juara tahun 1996.

Piala Thomas



Piala Thomas adalah Kejuaraan Dunia Bulutangkis Beregu Putra yang diselenggarakan setiap 2 tahun sekali, piala yang memiliki gengsi tertinggi di dunia bulutangkis.


Nama kejuaraan ini berasal dari nama Sir George Alan Thomas, mantan Presiden IBF pertama dan pemain bulutangkis dari Inggris sekaligus pemain legendaris yang telah menjuarai All England sebanyak empat kali berturut-turut antara tahun 1903-1927.

Sir George memberikan IBF sebuah piala hasil karya seorang pengrajin perak bernama Atkin Bros. Piala setinggi 71.1 cm (28 inches) ini bertuliskan “The International Badminton Championship Cup presented to the International Badminton Federation by Sir George Thomas, Bart., 1939“. Di atas mangkuknya terdapat patung kecil atlet bulutangkis.

Berdasarkan sejarahnya, hanya 3 negara yang mampu menjadi memboyong Piala Thomas sejak penyelengaraannya yang pertama tahun 1948. Ketiga negara tersebut adalah Malaysia, Indonesia dan China.
Berdasarkan statistik, China berhasil memboyong Piala Thomas dalam 4 penyelengaraan terakhir, yaitu di Jakarta (2004), Sendai/Tokyo (2006), Jakarta (2008), dan Malaysia (2010).
Sementara Indonesia adalah negara yang paling sering menjuarai Piala Thomas.

Piala Uber



Piala Uber adalah Kejuaraan Dunia Bulutangkis Beregu Putri yang diselenggarakan setiap 2 tahun sekali, piala yang memiliki gengsi tertinggi di dunia bulutangkis.


Pada awalnya Piala Uber diselenggarakan setiap 3 tahun sekali, berbeda dengan Piala Thomas. Namun sejak tahun 1984 Piala Uber selalu dilaksanakan bersamaan dengan Piala Thomas.
Piala Uber didapat dari nama pemain legendaris Bulu Tangkis dari Inggris yaitu Betty Uber. Bentuk Piala Uber berbentuk bola dunia yang pada bagian atasnya terdapat patung pemain bulutangkis wanita yang sedang mengayunkan raket.


Piala ini juga terbuat dari perak dengan tinggi kurang lebih 45.7 cm (18 inches) dan dibuat oleh Messrs Mappin & Webb di London. Berdasarkan statistik, China berhasil memboyong Piala Uber 6 kali dalam 7 penyelengaraan terakhir, yaitu di Hongkong (1998), Kuala Lumpur (2000), Guang Zhou (2001-2002), Jakarta (2004), Sendai/Tokyo (2006), dan Jakarta (2008). Korea berhasil mematahkan tradisi China di tahun 2010.


Statistik Kejuaraan :






Referensi : www.mnctv.com





Artikel Terkait:

0 komentar:

Poskan Komentar

Para Otodidaker's bisa berkomentar seperti saran, kritik, atau kamu ingin menambahkan juga bisa, dan segala tindakan SPAM akan dihapus seperti:

--> Kata kotor
--> Menyinggung
--> Mengumpat atau mengandung SARA