Rabu, 02 Mei 2012

Latihan Backhand Overhead Clear - Tingkat Dasar


Lee Chong Wei (LCW) sering menggunakan pukulan Backhand Overhad Clear dalam kondisi bertahan.



Ada pernah seorang teman datang dan bertanya padaku. "Kenapa saya belum bisa memukul backhand dengan baik, padahal saya sudah lama bermain bulutangkis?" Tanya temanku.

Sebenarnya saya tidak heran dengan pertanyaan seperti itu. Sering kali saat duduk - duduk dipinggir lapangan melihat bagaimana  para pemain otodidak (termasuk saya) kesulitan menghadapi cock yang datang ke arah kiri badan. Rata - rata memaksakan diri untuk memukul Forehand dan akhirnya pukulan tanggung pun yang terjadi.

Pukulan Backhand adalah pukulan (dengan pegangan backhand) yang dilakukan dengan membelakangi lawan sedangkan Backhand Overhead Clear adalah pukulan Backhand yang diarahkan jauh tinggi kebelakang daerah lawan.

PERSIAPAN
1. Lakukan pemanasan terutama daerah leher, pundak, punggung, bahu dan kaki.
2. Mintalah bantuan teman untuk mengumpan cock atau bisa juga dilakukan sendiri saja.




LATIHAN
1.Berdirilah dengan posisi siap ditengah lapangan.
2.Mintalah teman untuk mengumpan cock jauh keatas kita (Overhead). Jika tidak ada teman, maka anda bisa mengumpan sendiri.
3.Putar badan dengan membelakangi lawan dan net. Carannya dengan melangkahkan (sambil memutar badan) kaki kanan anda kearah kiri.
4.Bersiap untuk memukul dengan mengangkat siku terlebih dahulu kemudian diikuti raket anda hingga posisi tangan dan raket lurus ke atas. Ingat, gerakan ini dilakukan dengan teknik mengayun tangan.
5.Setelah selesai memukul, kembalikan badan ke posisi siap kembali.

PERHATIKAN
1.Teknik ini termasuk kategori sulit bagi seorang pemula oleh karenanya perlu latihan keras untuk bisa mahir pukulan ini.
2.Jangan tergesa - gesa, usahakan badan, tangan, dan kaki anda dalam keadaan rileks dan tidak kaku.
3.Jangan genggam raket terlalu keras dan kaku. Hal ini bisa membuat pukulan Backhand anda tanggung dan juga tidak nyaman bagi anda.  
4.Pukullah cock setinggi mungkin hingga mengarah ke area belakang lawan.

Foto: yonex.com



Artikel Terkait:

1 komentar:

  1. Cara berlatih pukulan backhand yang cukup lengkap, namun untuk prakteknya perlu bimbingan seorang pelatih. Salam kenal.

    BalasHapus

Para Otodidaker's bisa berkomentar seperti saran, kritik, atau kamu ingin menambahkan juga bisa, dan segala tindakan SPAM akan dihapus seperti:

--> Kata kotor
--> Menyinggung
--> Mengumpat atau mengandung SARA