Kamis, 31 Mei 2012

Cara Service Forehand Flick Service - Tingkat Menengah




Nah..setelah kita latihan service ala Forehand Low Service, sekarang kita sedikit menaikkan tenaga menjadi Forehand Flick Service. Jika Forehand Low Service bertujuan untuk melakukan service rendah tipis diatas net, maka Forehand Flick Service ditujukan agar lawan terkecoh serta kaget karena tidak mengira cock akan dipukul setengah tinggi tapi sedikit cepat. Mungkin saja lawan mengira bahwa kita akan memulai dengan Low Service atau High Service tapi yang terjadi tidak demikian.

Lawan yang lengah akan terkecoh dan mengalami kehilangan keseimbangan tubuh. Ia harus cepat - cepat mundur kebelakang untuk menjangkau cock yang sudah terlanjur meluncur ke arah backcourt dan kalau tidak hati - hati yang ada malah ia tergelincir atau cock yang dipukulnya tidak berhasil menyeberang ataupun tanggung.

Tentu saja ini menjadi keuntungan bagi anda. Tapi anda pun harus hati - hati untuk menggunakannya karena service ini rawan terkena fault oleh wasit. Alih - alih niat mendapatkan point justru lawannya yang mendapatkan poin dari kesalahan anda.



PERSIAPAN
1. Berdiri ditengah lapangan.
2. Mengambil sikap samping sesuai dengan posisi pegangan raket.
3. Pegangan raket Forehand
4. Posisi kepala raket menghadap ke depan dan shuttlecock berada didepan raket.
5. Berat badan berada pada tumpuan kaki belakang.

LATIHAN
1. Mulailah mengalihkan tumpuan berat badan dari kaki belakang ke kaki depan.
2. Lepaskan cock dengan menjatuhkannya ke bawah.
3. Ayunkan raket ke depan.
4. Jemput cock yang jatuh dengan memukulnya menggunakan raket.
5. Saat memukul usakan tenaga yang dilepaskan dengan cepat dan mengarahkan cock jauh ke backcourt lawan dengan ketinggian sedang.
6. Setelah memukul maka kembalikan posisi raket anda dalam posisi siap kembali.

PERHATIKAN
1. Teknik ini sering digunakan pada pertandingan single woman tapi bisa juga dilakukan pada single man.
2. Teknik ini dapat mengakibatkan lawan kehilangan keseimbangan oleh karenanya cock yang dipukulnya jadi tanggung dan dengan mudah kita bisa smash.
3. Tapi kadang juga ketika lawan membaca arah bola ia mampu meng-smash balik service kita oleh karena itu tetap selalu waspada.
4. Pastikan pukalan service anda tidak sampai dapat di smash atau di chas oleh lawan.

Referensi : youtube.com - CE1M7V4

Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar

Para Otodidaker's bisa berkomentar seperti saran, kritik, atau kamu ingin menambahkan juga bisa, dan segala tindakan SPAM akan dihapus seperti:

--> Kata kotor
--> Menyinggung
--> Mengumpat atau mengandung SARA