Sabtu, 26 Mei 2012

Tips Bulutangkis : Backhand Low Service


Setelah Forehand Low Service, kini saatnya membahas Backhand Low Service. Teknik ini digunakan dalam pertandingan single maupun double. Teknik pukulan ini sangat menjanjikan pukulan rendah tipis diatas net, tapi itu bila anda sudah sangat menguasainya. Jadi kalau cock sudah terbang tipis diatas net maka lawan pun bisa kebingungan mengembalikannya apakah akan di pukul datar tapi takut menyangkut di net atau di pukul ke atas tapi resiko di smash oleh kita.

Jika anda mengikuti perkembangan olahraga bulutangkis, maka anda pasti ingat bagaimana pada pertandingan single waktu jaman dulu (tahun 2000 ke bawah)yang sering melakukan Forehand High Service tapi sekarang malah lebih sering melakukan Backhand Low Service. Itu karena perkembangan kemampuan pemain bulutangkis dalam mengatasi bola - bola atas hingga mampu di smash tapi itu akan beda halnya jika diberikan bola - bola datar dan tipis diatas net.

PERSIAPAN
1.Sikap dapat bervariasi, tetapi yang paling umum adalah dengan raket di depan badan.
2. Berdirilah didekat garis 'T' jika bermain ganda, dan di agak ke tengah lapangan jika bermain Single.
3. Menggunakan pegangan raket backhand.
4. Rentangkan kedepan tangan yang memegang cock.

LATIHAN
1. Berdirilah dengan posisi siap memukul dan tentukan kemana arah cock akan dipukul.
2. Pukullah cock dengan pukulan dorongan datar yang mengakibatkan cock terbang tipis diatas net.
3. Setelah memukul, maka angkatlah raket anda diatas kepala sehingga lebih siap untuk memukul jika cock datangnya tanggung.

PERHATIKAN
1. Posisi berdiri pada single dan double berbeda untuk teknik Backhand Low Service. Jika Single berdiri di tengah lapangan tapi kalau Double berdiri didekat garis 'T'.
2. Teknik pegangannya pun berdeda. Jika Single pegangan raket, posisi tangan berada diujung luar raket maka pada permainan double posisi tangan lebih kearah dalam raket. Hal ini dilakukan untuk lebih meningkatkan akselerasi pergerakan raket.

Referensi : youtube.com - CE1M7V7

Artikel Terkait:

1 komentar:

  1. Keren ..tips pengalaman bulutangkis pun bisa dibaca di www.mihape.blogspot.com

    BalasHapus

Para Otodidaker's bisa berkomentar seperti saran, kritik, atau kamu ingin menambahkan juga bisa, dan segala tindakan SPAM akan dihapus seperti:

--> Kata kotor
--> Menyinggung
--> Mengumpat atau mengandung SARA