Sabtu, 26 Mei 2012

China Bertekad Dominasi Piala Uber (Lagi)




AFP/Liu Jin


Jakarta - Sebelum diselingi Korea Selatan dua tahun lalu, China adalah kekuatan tak terkalahkan di Piala Uber. Setelah kembali jadi juara di tahun 2012 ini, China bertekad kembali jadi penguasa.

China memetik kemenangan telak atas Korea Selatan dengan skor 3-0 di final Piala Uber 2012. Sukses yang diraih Wang Yihan dkk menjadi gelar nomor 12 yang didapat China sepanjang gelarang turnamen yang sudah dimulai sejak 1957 silam.

Kemenanan atas Korea bukan saja membalas apa yang terjadi dua tahun lalu, di mana China kalah 1-3 dalam laga final di Kuala Lumpur. Buat pelatih Li Yongbo, ini bisa menjadi awal baru buat tim putri China untuk kembali mendominasi dunia.

"Ini awal yang baru buat tim wanita China. Kami harus memulai dari awal, kami percaya pemain kami akan berkembang dengan cepat dan akan meraih kejayaan lain untuk dicatat. Saya harap masa depan pemain baru akan memulai dari sini," sahut Li Yongbo usai pertandingan.

Sukses Korea jadi juara dua tahun lalu menghentikan laju China. Sebelumnya, dalam selang 1998 sampai 2008 China selalu jadi juara, atau total enam kali beruntun.

"Kami kalah di 2010 karena membuat banyak kesalahan. Kesalahan yang dibuat semua pemain datang dari saya. Kesempurnaan saya tidak sempurna. Tapi hari ini kami tampil dengan sempurna," lugas dia.

China tetap menjadi negara pengumpul terbanyak Piala Uber. Dua belas trofi yang mereka punya jauh mengungguli Jepang yang baru lima kali jadi kampiun. Sementara Indonesia baru tiga kali merasakan gelar juara.





Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar

Para Otodidaker's bisa berkomentar seperti saran, kritik, atau kamu ingin menambahkan juga bisa, dan segala tindakan SPAM akan dihapus seperti:

--> Kata kotor
--> Menyinggung
--> Mengumpat atau mengandung SARA