Minggu, 15 Juli 2012

Tribute to Lin Dan part 2 : Jumping Smash

Lin Dan Lin Dan of China competes in the Men's Singles Gold Medal Match against Lee Chong Wei of Malaysia held at the Beijing University of Technology Gymnasium during Day 9 of the Beijing 2008 Olympic Games on August 17, 2008 in Beijing, China.
Gaya jumping smash Lin Dan memang terbilang unik dan indah. 


Telapak tangan kiri terbuka lurus dan menghadap ke atas adalah salah satu ciri khas dari jumping smash Lin Dan.


Awalnya tampak seperti Lee Chong Wei yang sedang jumping smash. Tapi karena raket di tangan kiri sudah pasti langsung menerka bahwa ini adalah Lin Dan.



Salah satu aksi jumping smash terbaik Lin Dan. Fotografer memang tahu dimana sudut angel yang pas untuk di foto.



Tampak depan memperlihatkan bahwa tangan kiri Lin Dan ditarik jauh kebelakang, tangan kanan dibuka ke depan sehingga posisi rongga dada terbuka. Ini mengakibatkan pukulannya nanti akan terasa sangat keras. Apalagi dibantu oleh beban tubuh yang akan mengalirkan tenaga ke pukulan nanti.



Lin Dan terkenal dengan Overhead Jumping Smashnya. Dimana posisi cock benar - benar lurus diatas kepala bukannya di depan atas kepala.


Melompat ke udara sambil memperhitungkan momen jatuhnya cock adalah awal dari sebuah jumping smash.


Lin Dan or Simpsons?


Bisa diterka kalau foto ini sudah cukup berumur. Lihat saja Lin Dan masih memakai raket Yonex padahal Lin Dan sendiri sudah lama memakai raket keluaran Li Ning. Salah satunya Li Ning Wood N90.


Lin Dan saat masih muda..tapi yang terlihat lebih ke arah giginya..hehehe


Jumping smash dengan badan condong ke belakang. Pastinya gerakan ini tidak mudah untuk dilakukan..


Kalau di lihat dari gayanya, Lin Dan tidak sedang melakukan jumping smash yang keras tapi lebih ke arah jumping untuk penempatan bola yang tajam dan terukur.


Kebalikan dari gambar diatas. Kali ini Lin Dan memang berniat mengeluarkan jumping smash keras..


Aksi terbaiknya di All England..




Overhead smash... Wuuuzzzzz..


Lin Dan juga terkenal dengan kemampuan badannya yang mampu meliuk kebelakang untuk menjangkau cock.


Smash Lin Dan lebih mengandalkan kekuatan otot pergelangan siku dan tangan. Tapi justru karena teknik inilah Lin Dan bisa menjangkau bola dengan jumping smash meski dengan sudut yang sulit sekalipun.


Pemain Korea yang menjadi lawannya sudah pasti tahu bahwa dia harus selalu waspada jika menghadapi Lin Dan.. termasuk Jumping Smashnya.


Dan...dari semua teknik jumping smashnya ada kesamaan pada daerah bibirnya. hhhmmm..sepertinya pikiran anda sama dengan saya.. :)

Great Jumping Smash by Lin Dan



Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar

Para Otodidaker's bisa berkomentar seperti saran, kritik, atau kamu ingin menambahkan juga bisa, dan segala tindakan SPAM akan dihapus seperti:

--> Kata kotor
--> Menyinggung
--> Mengumpat atau mengandung SARA