Minggu, 11 Maret 2012

Dari Raket, Suttlecock hingga Lapangan

Untuk bisa memainkan olahraga bulutangkis, kita juga harus mengetahui alat - alat yang harus digunakan untuk bisa memainkan olahraga ini. Jadi meskipun anda seorang pemula atau pemain berpengalaman secara otodidak, hal - hal seperti ini akan sangat berguna karena dampaknya  bagi anda akan sangat terasa saat bermain dan juga anda dapat terhindar dari rasa malu (apabila ada yang bertanya tapi anda malah tidak tahu).

Untuk mengetahuinya, berikut penjelasannya :

1. Raket / Rackuet :


Adalah alat yang digunakan untuk memukul bola (shuttlecock), bentuknya hampir sama dengan raket tenis tapi dengan ukuran lebih kecil dan lebih ringan. Terdiri dari gagang (grip) untuk tempat memegang, batang raket, head (garis lingkar atau kepala raket) dan senar.

2. Shuttlecock (cock) / birdie / bola

Bola ini bentuknya sangat unik dan tidak dijumpai di olahraga lain. Bentuknya seperti kerucut terbalik dengan ujung yang tumpul. bagian ujung dari gabus dan bagian atas terdiri dari bulu angsa atau bulu bebek.

3. Sepatu

Sepatu merupakan hal wajib bagi hampir semua cabang olahraga. Untuk Bulutangkis, sepatu yang digunakan harus memiliki sol yang punya daya cengkram yang kuat dan enak dipakai untuk melompat dan bergerak cepat.

4. Kaos Kaki
Ini adalah pasangan dari sepatu. Sangat disarankan memakai alat ini jika juga memakai sepatu agar kaki anda tidak lecet dan berair.

5. Net

Net berupa jala - jala yang digunakan sebagai halang rintang untuk membatasi daerah lapangan antara daerah kawan dan daerah lawan. Panjang dan tingginya harus sesuai dengan standar yang ada.

6.Pakaian
Pakaian yang untuk olahraga bulutangkis tidak terlalu menuntut harus bagus, yang penting enak dipakai, ringan dan dingin. Biasanya terdiri dari baju lengan pendek dan celana pendek yang lentur.

7. Dekker

Berupa alat penyangga untuk tangan,lutut maupun kaki yang berguna untuk melindungi dari benturan atau pun gerakan yang mengakibatkan cedera atau bisa juga untuk menyerap keringat. Taufik Hidayat sering menggunakan alat ini dalam setiap pertandingannya.

8. Lapangan / court

Adalah tempat untuk bermain yang berbentuk persegi panjang dengan lantai datar dan tidak licin, dengan garis - garis palang untuk menandai batas daerah. Lapangan bisa indoor (dalam ruangan) ataupun outdoor (luar ruangan). Tapi disarankan lebih baik gunakan lapangan indoor untuk menghindari efek angin, terik matahari ataupun hujan yang mengganggu permainan.

Tag :
- Perlengkapan Badminton
- Peralatan Bulutangkis
- Defenisi Lapangan
- Apa Itu Raket Badminton
- Defenisi Dekker
- Memilih Sepatu Yang Bagus Untuk Badminton

Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar

Para Otodidaker's bisa berkomentar seperti saran, kritik, atau kamu ingin menambahkan juga bisa, dan segala tindakan SPAM akan dihapus seperti:

--> Kata kotor
--> Menyinggung
--> Mengumpat atau mengandung SARA