Sabtu, 17 Maret 2012

Latihan Memukul dengan Teknik Lob atau Overhead Clear

Setelah anda mengetahui bagaimana Teknik Pegangan Raket Bulutangkis, maka langkah selanjutnya adalah membiasakan diri untuk memukul shuttlecock.

Hanya latihan memukul angin dengan raket tentu tidak sama dengan latihan memukul shuttlecock dengan raket. Karena anda juga harus membiasakan diri terhadap perilaku dari shuttlecock, cara pukulan lawan, dan yang terpenting adalah cara anda beradaptasi dengan pukulan anda sendiri.

Dan langkah yang paling mudah adalah dengan belajar memukul dengan teknik Lob atau Overhead Clear. Teknik ini terbilang yang paling mudah dari semua teknik yang ada, meski begitu tidak akan segampang yang anda kira apalagi bagi anda yang baru belajar bermain bulutangkis. Dari belajar teknik ini anda dengan sendirinya akan mengetahui seberapa besar kekuatan pukulan anda saat ini.

Ada 2 jenis Pukulan Lob / Overhead Clear, yaitu:
1. Deep Lob / Clear : memukul tinggi shuttlecock  hingga jatuh ke lapangan bagian belakang (backcourt).
2. Attacking Lob/ Clear atau disebut juga dengan Lob Serang: memukul dengan dengan ketinggian sedang tapi laju menuju lapangan bagian belakang (backcourt)

PEMANASAN
-Sterching atau pemanasan sebagaimana umumnya.
-Untuk langkah awal sebaiknya lakukan gerakan pukulan Lob tanpa Shuttlecock dulu. Lakukan berulang kali hingga anda mendapatkan irama gerakannya.

PERHATIKAN
1.Gunakan pegangan forehand.
2.Saat hendak memukul anda harus melakukan 3 hal yaitu 1. Posisi siap (hitting position), 2. Ayunkan Raket dan 3. Pukul (Stroke). Anda bisa menghitungnya dalam hati saat ingin memukul shuttlecock.
3.Saat anda sudah memukul shuttlecock, biarkan ayunan raket terus ke arah bawah pinggang anda, jangan ditahan ayunannya.
4.Latihan sebaiknya dilakukan dengan ada 2 orang dengan 1 orang yang menjadi sparing partnet anda. (Tapi bisa juga dilakukan seorang diri).
5. Latihan pada gambar ini adalah ilustrasi orang memegang raket dengan tangan kanan, jadi apa bila anda kidal tinggal menyesuaikan gerakan saja sesuai dengan tangan anda.



LATIHAN

1. Mintalah teman anda melakukan umpan atau service tinggi. Saat shuttlecock masih ada diudara, maka lalukkan persiapan (hitting position) . Posisi badan agak menyamping dengan kaki kanan dibelakang kaki kiri atau lihat gambar A posisi paling kiri.
2. Saat shuttlecock agak mendekat turun maka ayunkan raket anda dan tubuh bagian kanan anda kedepan. seperti gambar A posisi ke 2 dan 3 dari kiri.
3. Pukul Shuttlecock hingga terbang tinggi menuju area belakang lapangan (backcourt) dan posisi kaki kanan anda sudah melangkah didepan kaki kiri seperti gambar A posisi 4 dari kiri.
6. Selesai memukul, biarkan ayunan terus menuju hingga ke bawah pinggang (gambar A posisi 5 dari kiri).
7. Siapkan lagi diri anda untuk memukul shuttlecock yang akan kembali (gambar A paling kanan).

KESALAHAN
1. Saat umpan dilakukan dan bola masih diudara, anda hanya diam ditempat dan tidak melakukan persiapan dan mengikuti arah jatuhnya shuttlecock (hitting position).
2. Saat hitting posisition kaki kanan anda masih didepan atau sejajar dengan kaki kiri.
3. Saat anda memukul shuttlecock anda terlalu bernafsu hingga saat memukul badan anda seluruhnya ikut terbawa kedepan dan kehilangan ketenangan.
3. Setelah memukul shuttlecock kaki kanan anda masih ada dibelakang.
4. Setelah memukul anda menahan ayunan tangan anda. Hal ini mengakibatkan energi banyak terkuras dan pukulan anda tidak kuat.

Apabila anda sudah lancar dengan teknik ini maka anda akan terlihat seperti gambar B.


Referensi gambar : http://uin-community.us

Tag:
- Latihan Memukul Lob
- Teknik Overhead Clear
- Latihan Pukulan Dasar Badminton
- Beradaptasi dengan Pukulan Badminton
- Latihan Memukul Shuttlecock
- Teknik Pukulan Lob
- Belajar Bermain Bulutangkis

Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar

Para Otodidaker's bisa berkomentar seperti saran, kritik, atau kamu ingin menambahkan juga bisa, dan segala tindakan SPAM akan dihapus seperti:

--> Kata kotor
--> Menyinggung
--> Mengumpat atau mengandung SARA