Selasa, 24 April 2012

Profil Liem Swie King - King Smash


Liem Swie King


Anda masih ingat sama sosok yang satu ini kan? Dialah King alias Liem Swie King. Legenda yang satu ini adalah salah satu pemain bulutangkis terhebat yang pernah dimiliki oleh Indonesia.

King Smash
Awalnya saya sendiri tidak tahu siapa itu Liem Swie King (Maklum beliau ABG alias Angkatan Babe Gue) tapi saat saya menemukan sebuah video di Youtube. Terus melihat ada sosok pemain yang melakukan Jumping Smash dengan style yang sangat berbeda dan dengan kekuatan yang luar biasa maka saat itu saya langsung kagum dan segera mencari referensi tentang sosok ini.


Liem Swie King saat smash (Kategori Ganda)
Liem Swi King sang juara All England tiga kali berturut - turut(1978, 1979, dan 1981) ini memang sangat terkenal dengan pukulan smash sambil melompat (jumping smash) yang dimasa itu terbilang langka. Apalagi saat melakukan jumping smashnya itu, dia melompat dengan sangat tinggi serta memukul shuttlecock dengan sangat keras sampai - sampai tubuhnya ikut membungkuk diudara setelah melakukan pukulan. Maka dari sinilah dia dijuluki "King Smash".

Karir dan Prestasi
Lahir di Kudus tanggal 28 Feburari 1956, King muda sudah lihai bermain bulutangkis. Lalu demi mengembangkan teknik permainannya ia lalu bergabung ke klub PB Djarum yang memang terkenal sebagai penghasil pebulutangkis hebat. King kecil berlatih giat dibawah bimbingan Agus Susanto atas permintaan oleh Budi Hartono yang merupakan adik iparnya sekaligus CEO PT. Djarum. Budi Hartono memang dikenal sangat menggemari bulutangkis dan tertarik dengan bakat yang dimiliki oleh King kecil pada masa itu.

Karena latihan itu pulalah King berhasil memenangi kejuaraan Piala Moenadi di kategori tunggal putra yunior di Tahun 1973. Kemudian menjadi runner-up PON ditahun berikutnya.Melawan Rudi Hartono di Partai Final All England 1976 dengan usia terbilang sangat belia yakni 20 tahun tentu saja membuat para penikmat bulutangkis langsung tersorot pada sosok ini. Belum lagi prestasi bergengsi lainnya yakni ikut andil saat Indonesia menjuarai di tahun 1979, 1982, 1984 dan 1986.

Kini Jadi Pengusaha Hotel dan Griya Pijat
Semua ada masanya. Yah itulah yang dialami oleh King. Selepas mundur dari dunia atlet bulutangkis kini iya bantir setir menjadi pengusaha hotel dan griya pijat. Hal ini sebenarnya berawal saat ia gantung raket lalu bersama mertuanya menjalankan bisnis hotel di Jakarta. Lalu kemudian ia mulai membuka usaha griya pijat di bilangan Jakarta juga. Untuk usaha griya pijatnya sendiri dikarenakan pengalamannya saat menjadi altet dulu ia sering mengunjungi tempat pijat sepelas berlatih ataupun bertanding. King pun merasa bahwa peluang bisnis ini cukup terbuka apalagi ia sudah merasakan betul manfaat dari adanya tempat pijat seperti ini.

Kini ia cukup sukses dengan usahanya dan mampu mencukupi kebutuhan keluarga meski tidak lagi bergelut didunia bulutangkis yang sempat membesarkan namanya dulu. Ia pun merasa cukup beruntung karena beberapa dari mantan - mantan atlet bulutangkis lainnya yang kini hidup kekurangan dan memiliki masalah keuangan karena tidak lagi menjadi atlet.

Film King
Bagi anda penikmat film Indonesia pasti pernah nonton atau minimal pernah mendengar tentang film King. Film ini bercerita tentang kisah seorang anak kampung yang bercita - cita menjadi pebulutangkis dunia. Dikisahkan pula bahwa anak tersebut sangat terinspirasi dari kehebatan Liem Swie King dalam bermain bulutangkis.


Biografi

Nama                         : LIEM SWIE KING
Tempat, Tanggal Lahir : Kudus, Jawa Tengah, 28 Februari 1956
Agama                       : Kristen Protestan
Ayah                          : Zulkarnaen Kurniawan
Istri                           : Lucia Sumiati Alamsah
Anak                          : Alexander, Stephanie dan Michelle
Pegangan Raket           : Tangan Kanan
Kategori Pertangindan  : Tunggal (Single) dan Ganda (Double Man)
Julukan                     : King Smash

Pendidikan :
-SD, Kudus (1968)
- SMP, Kudus (1971)
- SMA, Kudus (1974)

Prestasi :

Nasional
Juara I Yunior se-Jawa Tengah (1972)
Juara II PON 1973
Juara Kejurnas 1974, 1975

International
Tunggal

1974: Semi Finalis Asian Games Tehran
1976: Finalis All England Open, Finalis Kejuaraan Asia
1977: Finalis All England Open, Juara Denmark Open, Juara Swedia Open, Juara SEA Games
1978: Juara All England Open, Juara Asian Games Bangkok
1979: Juara All England Open
1980: Finalis Kejuaraan Dunia, Finalis All England
1981: Juara All England Open, Semi Finalis World Games St.Clara, Juara SEA Games
1982: Finalis Asian Games New Dehli, Juara Piala Dunia
1983: Finalis Kejuaraan Dunia, Juara Indonesia Open, Juara Malaysia Open
1984: Finalis All England Open, Finalis World Badminton Grand Prix
1985: Semi Finalis All England Open

Ganda

1983: Finalis SEA Games (bersama Hadibowo)
1984: Juara Piala Dunia (bersama Kartono Hariamanto)
1985: Juara Piala Dunia, Juara Indonesia Open, Semi Finalis Kejuaraan Dunia , Finalis SEA Games (bersama Kartono Hariamanto)
1986: Juara Piala Dunia, Semi Finalis Asian Games Seoul (bersama Bobby Ertanto); Juara Indonesia Open (bersama Kartono Hariamanto)
1987: Juara Asia (bersama Bobby Ertanto); Juara SEA Games, Juara Japan Open, Juara Indonesia Open, Juara Taiwan Open, Finalis Thailand Open (bersama Eddy Hartono)

Beregu

1976: Juara Piala Thomas
1977: Juara SEA Games
1978: Juara Asian Games
1979: Juara Piala Thomas, Juara SEA Games
1981: Finalis SEA Games
1982: Finalis Piala Thomas, Finalis Asian Games
1983: Juara SEA Games
1984: Juara Piala Thomas
1985: Juara SEA Games
1986: Finalis Piala Thomas, Semi Finalis Asian Games
1987: Juara SEA Games

Kegiatan lain :
- Bermain Film Sakura Dalam Pelukan
- Jadi Inspirasi dalam Film "KING" (2009)
- Pengusaha Hotel dan Griya Pijat


Model Pencarian Lainnya :
Biodata Liem Swie King
Profil Lengkap Liem Swie King
King Smash
The King
Kisah Liem Swie King
Prestasi Liem Swie King

Referensi :
okezone.com
kompasiana.com
infonusantara.blogspot.com
id.wikipedia.org








Artikel Terkait:

0 komentar:

Poskan Komentar

Para Otodidaker's bisa berkomentar seperti saran, kritik, atau kamu ingin menambahkan juga bisa, dan segala tindakan SPAM akan dihapus seperti:

--> Kata kotor
--> Menyinggung
--> Mengumpat atau mengandung SARA